Selasa, 13 April 2010

Flip flop

Flip-flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit data secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang tersimpan tersebut.


1.RS Flip-flop (Set-Reset Flip-Flop)


RS flip-flop juga dikenal sebagai flip-flop SR, di mana R dan S masing-masing  untuk reset dan mengatur. RS flip-flop ini dapat dibangun dari sepasang NAND atau gerbang logika NOR yang dirangkai saling menyilang. Outputnya ditandai dengan Q.
Biasanya, dalam mode penyimpanan, masukan R dan S keduanya rendah, dan umpan balik mempertahankan keluaran Q dan not Q dalam keadaan konstan, dengan not Q komplemen dari Q. Jika S berdenyut tinggi, sementara R diadakan rendah, maka output Q dipaksa tinggi, dan tetap tinggi bahkan setelah S kembali rendah; sama, jika R S berdenyut tinggi sementara diadakan rendah, maka output Q dipaksa rendah, dan tetap rendah bahkan setelah R kembali rendah. 

characteristic tabel  :



Rangkaian dengan gerbang NAND :



skema perkabelan:

  gerbang NAND

2.Clocked RS Flip-flop
Pada dasarnya cara kerja dari Clocked RS Flip-flop hampir mirip dengan RS flip-flop hanya saja pada Clocked RS Flip-flop memiliki tiga inputan yaitu dengan inputan tambahan brupa pemicu yang disebut dengan sinyal clock untuk mengubah nilai yang ada. Dengan penambahan inputan ini, pada rangkaiannya juga dilakukan penambahn yaitu berupa penambahan dua gerbang NAND pada RS flip-flop dari gerbang NAND.

Rangkaian Clocked RS Flip-flop :



skema perkabelan:
pake gerbang NAND
-----------------------------------------------------------------------------------------------
3.D Flip-flop (Delay Flip-Flop)
  D Flip-flop merupakan salah satu jenis flip-flop yang dibangun dengan menggunakan flip-flop S-R. Perbedaannya dengan flip-flop S-R terletak pada inputan R, pada D Flip-flop inputan R terlebi dahulu diberi gerbang NOT, maka setiap input yang diumpankan ke D akan memberikan keadaan yang berbeda pada input S-R, dengan demikian hanya akan terdapat dua keadaan S dan R yairu S=0 dan R=1 atau S=1 dan R=0, jadi dapat disi



Rangkaian D Flip-flop :



4. Master Slave D Flip-flop

Master Save D Flip-flop merupakan rangkaian flip-flop yang memiliki 2 latch D dan sebuah inverter. Latch yang satu bernama Master dan yang kedua bernama Slave. Master D hanya akan mendeskripsikan diktat yang outputnya hanya dapt diganti selama ujung negatif jam.

rangkaian Master Slave D Flip-flop :




5. T Flip-flop (Toggle Flip-flop)

T Flip-flop merupakan rangkaian flip-flop yang dibangun dengan menggunakan flip-flop J-K yang kedua inputnya dihubungkan menjadi satu maka akan diperoleh flip-flop yang memiliki watak membalik output sebelumnya jika inputannya tinggi dan outputnya akan tetap jika inputnya rendah.

Rangkaian T Flip-flop :



6. JK Flip-flop (Jump-Key flip-flop)

JK flip-flop merupakan rangkaian yang  menambah perilaku dari flip flop SR yaitu: (J = Set, K = Reset) dengan menginterpretasikan S = R = 1 sebagai 'flip' atau perintah beralih. Secara khusus, kombinasi J = 1, K = 0 adalah perintah untuk mengatur flip-flop; kombinasi J = 0, K = 1 adalah perintah untuk mereset flip-flop, dan kombinasi J = K = 1 adalah perintah untuk mengaktifkan flip-flop, yaitu mengubah output nya ke komplemen logis dari nilai saat ini. Seting  J = K = 0 bukan  hasil di D flip-flop, melainkan, akan terus kondisi saat ini. Untuk mensintesis sebuah flip-flop D, cukup menetapkan K sama dengan melengkapi J. Oleh karena itu JK flip-flop adalah flip-flop universal, karena dapat dikonfigurasi untuk bekerja sebagai flip flop SR-, D flip-flop , atau T flip-flop.

Rangkaian JK flip-flop :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar